Produk Inovatif : PUZAKA tembus Juara II UIA 2021

Perasaan haru dan bangga kembali dirasakan oleh Prodi PG-PAUD Undhira, hal ini dikarenakan Team Mahasiswa  Prodi PG-PAUD kembali menorehkan prestasi di ajang bergengsi yang diadakan oleh Universitas Dhyana Pura, UIA (Undhira Innovation Awards) 2021 pada 2 Juli 2021. Team yang diketuai oleh Kiki Veronika (mahasiswa semester 8 Prodi PG-PAUD Undhira) dengan beranggotakan Alrina Laila (mahasiswa semester 2 Prodi PG-PAUD Undhira), dan Helena Maharina Nalle (mahasiswa semester 4 Prodi Akuntansi Undhira) ini berhasil meraih juara II dengan produk andalannya PUZAKA (Puzzle Anak Berkarakter). Produk PUZAKA ini merupakan permainan puzzle dengan cerita bergambar yang mengangkat tema cerita nusantara, yang dilengkapi dengan modul suara yang berisikan ringkasan cerita dari gambar pada puzzle, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca dan melatih kecerdasan kognitif anak direntang usia 4-8 tahun yang ada pada tahap pengenalan membaca awal.

Produk PUZAKA ( Puzzle Anak Berkarakter) dengan cerita budaya nusantara

Produk dari Team yang dibimbing oleh Dosen Prodi PG-PAUD Undhira, Putu Indah Lestari,S.P.,M.Pd ini merupakan produk yang ramah lingkungan karena berbahan dasar kayu sehingga produk ini dapat awet dan bertahan lama. Puzzle PUZAKA menyelipkan cerita bergambar yang bertemakan budaya lokal, sehingga anak dapat mengenal dan mempelajari berbagai budaya yang ada di nusantara. Kelebihan lain dari puzzle ini dibanding dengan puzzle pada umumnya adalah dilengkapi dengan modul suara yang berisikan ringkasan dari cerita pada puzzle, sehingga hal ini tentu akan dapat merangsang kemampuan menyimak pada anak. Melalui produk PUZAKA ini banyak manfaat yang akan diterima oleh anak diantaranya dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk berpikir kritis dan logis, berkonsentrasi dan  mencari solusi sehingga akan mengasah kemampuan problem solving, kemampuan motorik halus akan terlatih melalui banyaknya eksplorasi gerakan yang dilakukan saat bermain puzzle, meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan bermain puzzle PUZAKA anak akan belajar bersosialisasi, belajar bertanya, berbagi, berdiskusi serta memimpin dalam misinya menyelesaikan susunan puzzle yang tentu akan berdampak positif pada peningkatan kepercayaan dirinya.

Dengan mengingat begitu banyak manfaat yang diterima anak melalui puzzle PUZAKA, maka tidak salah PUZAKA dikatakan sebagai alat peraga edukatif dengan paket komplit yang baik untuk menunjang segala aspek perkembangan anak.

Sukses untuk PUZAKA, Sukses Prodi PG-PAUD tetaplah berinovasi !