Pendampingan Pembuatan APE di PAUD Widya Chandra, Denpasar

Pelaksanaan pendampingan secara online dan offline

Pada hari senin dan selasa tanggal 26-27 Oktober 2020, Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PAUD Widya Chandra Denpasar. Berdasarkan keterangan ketua pelaksanan program pengabdian, Ibu Ni Made Ayu Suryasningsih, mengungkapkan bahwa Pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam pembentukan karakter seseorang. Proses pembelajaran yang efektif di tingkat PAUD, harus didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Pada masa tersebut, anak-anak mampu memahami dunianya melalui benda-benda konkret. Maka dari itu peran pengguanaan Alat peraga/Permainan Edukatif sangatlah penting dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan pernyataan kepala PAUD Widya Chandra Denpasar, Ibu Ida Ayu Candrawati, S.Pd, diketahui bahwa guru-guru mengalami kesulitan dan membutuhkan pelatihan dalam membuat APE. Maka melalui program pengabdian kepada masyarakat ini, Prodi PG-PAUD Undhira berkomitmen untuk memberikan pemecahan permasalahan dengan mengadakan pendampingan pembuatan APE untuk PAUD. Adanya Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pendampingan pembuatan APE yang dikemas dalam workhop online dan offline. Pelaksanaan workshop secara online dilaksanakan pada hari senin tanggal 26 oktober 2020, dengan agenda penyampaian materi dan penyampaian tata cara pembuatan APE. Sedangkan praktek penyusunan dan pembuatan APE dilakukan secara offline dilanjutkan keesokan harinya (selasa, 27 Oktober 2020) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada akhir kegiatan ini, guru-guru di PAUD Widya Chandra mampu mengembangkan kreatifitas dalam membuat dan menggunakan APE dalam proses pembelajaran. hal ini ditunjukan dari APE yang dihasilkan dan beberapa vidio pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang telah dibuat.