DISKUSI ILMIAH PRODI PG-PAUD UNDHIRA

Selasa, 29 Juni 2021 telah dilaksanakan kegiatan diskusi ilmiah yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Prodi PG-PAUD Undhira. Antusiasme bukan hanya berasal dari mahasiswa prodi PG-PAUD Undhira saja, peserta dari prodi maupun universitas lain juga turut meramaikan kegiatan ini. Kegiatan Diskusi Ilmiah yang merupakan rangkaian dari Perayaan Dies Natalis Undhira ke-10 ini dibuka oleh Christiani Endah Poerwati,S.Pd.,M.Pd selaku Kaprodi PG-PAUD Undhira. Diskusi Ilmiah yang dilakukan secara daring, dipandu oleh Putu Indah Lestari,S.P.,M.Pd ini mengundang dua narasumber yang merupakan dosen prodi PG-PAUD Undhira, narasumber pertama adalah Dr. I Made Elia Cahaya,SH,S.Pd.,M.Pd dengan materinya “Inkuiri Terbimbing terhadap Kreativitas Anak Usia Dini “. Melalui pemaparannya, Elia menyatakan bahwa kreativitas anak masih perlu untuk ditingkatkan, sehingga perlunya metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreativitas tersebut dengan memberi ruang kepada anak untuk dapat secara aktif ambil bagian untuk menyapaikan ide dan pendapatnya. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran ini melibatkan seluruh kemampuan anak secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistimatis, kritis, logis, dan analitis, sehingga anak mampu merumuskan sendiri temuannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Elia menyatakan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki skor rata-rata kreativitas sebesar 31,56 dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan skor rata-rata kreativitas sebersar 29,56.

Narasumber kedua, Elizabeth Prima, S.Th.,M.Pd yang menyajikan materi “Implementasi Token Economy Pada Penelitian Anak Usia Dini”. Dalam pemaparannya, Prima menyatakan bahwa Token Economy merupakan suatu wujud modifikasi perilaku yang dirancang untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dengan pemakaian token yang dapat berupa kepingan poker, koin, stiker, dsb. Metode Token economy ini dinilai memiliki beberapa pengaruh positif terhadap anak yakni dapat menguatkan perilaku yang diinginkan terhadap siswa dalam hal ini anak kategori AUD, dapat digunakan sebagai program untuk mengurangi perilaku yang tidak menyenangkan, sebagai motivasi untuk memunculkan perilaku yang diinginkan dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan, dapat sebagai pengatur perilaku dari individu yang tak dapat diramalkan atau agresif, dan mengajarkan tentang perilaku yang sesuai dan ketrampilan-ketrampilan sosial yang dapat digunakan dalam satu lingkungan yang alami (wajar).

Melalui kegiatan ini Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Undhira berharap materi yang telah disajikan dapat menambah wawasan dan dapat diaplikasikan dalam lingkungan kerja masing-masing peserta yang sebagian telah terserap di dunia kerja khususnya di lembaga PAUD.

Nantikan kegiatan serupa dengan materi-materi menarik lainya.

 Bravo PG-PAUD Undhira !